Mari berbagi informasi! ^^
silahkan kunjungi juga blog saya yang lain yantiyaa19.blogspot.com terimakasih ^^

Jumat, 18 Januari 2013

Pre Test (COBIT)



Penjelasan Mengenai COBIT

COBIT (Control Ojective for Information and Related Technology) dikembangkan oleh IT Governance Institute (ITGI) pada tahun 1996 yang merupakan bagian dari Informations Systems Audit and Control Association (ISACA). hingga saat artikel ini dimuat setidaknya sudah ada 5 versi COBIT yang sudah diterbitkan, versi pertama diterbitkan pada tahun 1996, versi kedua tahun 1998, versi 3.0 di tahun 2000, Cobit 4.0 pada tahun 2005, CObit 4.1 tahun 2007 dan yang terakhir ini adalah Cobit versi 5 yang di rilis baru-baru saja. Kerangka kerja COBIT terdiri dari beberapa arahan (guidelines), yaitu  Control Objectives, Audit Guidelines dan Management Guidelines. COBIT didesain terdiri dari 34 control objectives yang menggambarkan proses teknologi informasi yang terdiri dari 4 tujuan pengendalian tingkat tinggi yang tercermin dalam 4 domain (ITGI,2005) yaitu : Plan and Organise (PO), Acquire and Implement (AI), Deliver and Support(DS) dan Monitor and Evaluate (ME).
COBIT sendiri merupakan kerangka panduan tata kelola TI atau bisa juga disebut sebagai toolset pendukung yang bisa digunakan untuk menjembatani gap antara kebutuhan dan bagaimana teknis pelaksanaan pemenuhan kebutuhan tersebut dalam suatu organisasi. COBIT memungkinkan pengembangan kebijakan yang jelas dan sangat baik digunakan untuk IT kontrol seluruh organisasi, membantu meningkatkan kualitas dan nilai serta menyederhanakan pelaksanaan alur proses sebuah organisasi dari sisi penerapan IT. Cobit memberikan panduan kerangka kerja yang bisa mengendalikan semua kegiatan organisasi secara detail dan jelas sehingga dapat membantu memudahkan pengambilan keputusan di level top dalam organisasi.
COBIT digunakan secara umum oleh mereka yang memiliki tanggung jawab utama dalam alur proses organisasi, mereka yang organisasinya sangat bergantung pada kualitas, kehandalan dan penguasaan teknologi informasi.

Ref :
-          Bab viii analisis kinerja sistem
           

0 komentar:

Posting Komentar