Mari berbagi informasi! ^^
silahkan kunjungi juga blog saya yang lain yantiyaa19.blogspot.com terimakasih ^^

Sabtu, 24 November 2012

Perlindungan keamanan sistem informasi (pre test)


Keamanan sistem informasi merupakan suatu keharusan yang penting untuk diperhatikan untuk menghindarkan informasi dari orang-orang yang tidak berhak mengakses.  Keamanan sistem informasi terdiri dari 2 aspek penting yakni privacy dan confidentiality.Privacy lebih kearah data yang sifatnya privat, sedangkan confidentiality biasanya berhubungan dengan data yang diberikan ke pihak lain untuk keperluan tertentu dan hanya diperbolehkan untuk keperluan tertentu tersebut.

Untuk mengamankan suatu sistem informasi ada beberapa yang perlu dilindungi, diantaranya:
  • Isi data atau informasi (content), yang disimpan dalam bentuk data bases dan dikomunikasikan dalam bentuk data messages.
  • Sistem pengolahan informasi (computing and/or information system), yang merupakan jaringan sistem informasi (computer network).
  • Sistem komunikasi (communication), antar sistem informasi/jaringan komputer (computer network) maupun penyelenggaraan jasa dan/atau jaringan telekomunikasi.
  • Community, yang merupakan perangkat intelektual (brainware) baik dalam kedudukannya sebagai pelaku usaha, profesional penunjang maupun pengguna. 
Keempat aspek tersebut bisa dikenal dengan istilah 4C (content, computing, communication, and community) yang merupakan bagian dari policy keamanan sistem informasi.

            

0 komentar:

Posting Komentar