Mari berbagi informasi! ^^
silahkan kunjungi juga blog saya yang lain yantiyaa19.blogspot.com terimakasih ^^

Kamis, 18 April 2013

Pengelolaan Proyek SI (open Source)



OPEN SOURCE

Open Source merupakan gabungan dari kata Open yang berarti terbuka, dan Source yang berarti Kode/Sumber. Dianjurkan menggunakan software Open Source, karena Open Source sendiri memberikan kebebasan pada penggunanya untuk dapat melihat kode program, mengetahui sistem kerja, dan memodifikasi softwarenya. Dan biasanya software Open Source itu dapat diperoleh dengan Gratis tanpa perlu mambayar lisensi. Namun ketika melakukan modifikasi atau perbaikan, kita juga harus berpegang dengan Kode Etik. Tidak boleh software yang telah kita edit tersebut lalu kita akui milik kita tanpa menyertakan sumbernya.

 
            Contoh Sistem Operasi Open Source yang telah banyak digunakan adalah Linux dan yang sekarang paling diminati di Indonesia adalah Android. Android sendiri adalah sistem operasi pada ponsel pintar yang dikembangkan oleh Google. Android berbasis Linux. Jadi untuk para pengguna Linux akan sedikit mengerti dalam hal kustomisasi sistem operasi ini.

Seiring dengan perkembangan waktu, open source juga berkembang seperti yang kita temui saat ini. Saat ini didirikanlah sebuah badan yang dinamai Open source Initiative, yang dibangun oleh Eric S. Raymond dan Bruce Perens pada tahun 1998. Peran OSI (Open Source Initiative) yaitu mempromosikan open source dan mengadakan sertifikasi terhadap lisensi dan produk yang menggunakan sistem sumber terbuka. Selain itu, OSI juga berperan sebagai pendidik sekitar dan sebagai jembatan antara berbagai konstituan dalam komunitas open source.

          Di Indonesia sendiri telah banyak pihak-pihak yang telah mengembangkan, contoh hasil Sistem Operasi yang telah dikembangkan adalah BlankOn, Tajdid Linux, dll.

Kelebihan software open source :
  1. Software open source yang biasanya dikembangkan oleh komunitas atau institusi non profit juga memiliki kemampuan yang sangat powerfull karena software dikembangkan secara bersama-sama sehingga masalah atau bug pada software cepat teratasi.
  2. Fitur dan kemampuan software open source sangat kompleks dan banyak karena bisa dikembangkan oleh siapa saja tanpa terkecuali.
  3. Software open source berlisensi GPL sehingga user tidak dikenakan biaya untuk mempergunakannya.
Kekurangan software open source :
  1. GUI dari software biasanya kurang memuaskan untuk user yang awam.
  2. Terkadang ada beberapa software open source yang tidak bisa menggantikan jenis software berbayar.
  3. Software open source biasanya kurang diminati oleh user awam karena biasanya sulit dalam instalasi atau penggunaan.

0 komentar:

Posting Komentar