Mari berbagi informasi! ^^
silahkan kunjungi juga blog saya yang lain yantiyaa19.blogspot.com terimakasih ^^

Kamis, 18 April 2013

Pengelolaan Proyek SI (STAFF)


KRITERIA MANAGER PROYEK YANG BAIK

Kriteria manager proyek yang baik seperti yang telah dibahas dimateri v-class sebelumnya, yakni mengenai susunan staff, seorang manager proyek harus memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik, memiliki pengetahuan tentang manajemen proyek itu sendiri, kemampuan mengorganisasi, dan keahlian teknik, serta memiliki kemampuan kepemimpinan yang luas, kemampuan bernegosiasi dan diplomasi.
Para manager proyek harus fokus pada 3 dimensi keberhasilan proyek. Sederhana, pencapaian proyek berarti menyelesaikan semua proyek tepat waktu, sesuai anggaran, dan tingkat kualitas yang dapat diterima oleh Pemilik dan pemegang saham. Seorang manager proyek harus menjaga perhatian tim untuk tetap  fokus pada pencapaian tujuan-tujuan yang luas. Adapun kriteria lainnya, yakni :
·         Memiliki perencanaan
Kegiatan yang paling penting bagi manager proyek adalah terlibat dalam perencanaan yang terukur, sistematis, dan rencana tim yang terlibat mempunyai dasar hanya bertujuan keberhasilan proyek. Dan ketika seseorang ingin mengubah rencana tersebut, manager proyek harus membuat yang perencanaan konsep yang baru untuk mencerminkan perubahan yang tepat dan benar. Jadi perencanaan dan replanning harus menjadi cara hidup bagi manager proyek.
·         Manager Proyek harus merasakan, dan menjadi panutan anggota tim
Karena proyek usaha terbatas dengan waktu terbatas, uang, dan sumber daya lain yang tersedia juga terbatas, jadi mereka harus terus bergerak ke arah penyelesaian. Karena anggota tim rata-rata memiliki prioritas lain, untuk itu peranan manager proyek untuk menjaga perhatian mereka pada  proyek, untuk mencek status secara berkala, melakukan evaluasi dan sebagai pengingat hal-hal yang sangat penting.
Proyek yang berhasil menggunakan siklus proyek yang teruji dan terbukti.  Model seperti model ISD standar dan lain-lain yang dijelaskan dalam teks ini dapat membantu memastikan bahwa standar profesional dan praktek terbaik yang dibangun dalam rencana proyek. Tidak hanya model ini yang dapat mendukung kualitas, tetapi manager proyek membantu untuk meminimalkan ulang kesalahan yang terjadi. Jadi ketika waktu atau tekanan anggaran sangat rendah  sehingga mendorong mengambil jalan pintas, maka keputusan itu kembali kepada manager proyek untuk mengidentifikasi dan mempertahankan siklus proyek.
·         Kegiatan proyek harus divisualisasikan dan dikomunikasikan secara detail
Singkatnya, manager proyek dan tim proyek harus sejak awal membuat gambar nyata dan menyampaikan kedalam pikiran setiap orang yang terlibat sehingga semua upaya difokuskan pada arah yang sama. Hindari deskripsi samar-samar di semua biaya, memberikan gambaran prototipe rencana dan memastikan bahwa setiap orang setuju untuk itu.
·         Sanggup menyampaikan dan berkembang secara bertahap dalam aproksimasi
Ini hanya terlalu banyak biaya dan risiko terlalu banyak waktu yang dihabiskan dalam pengerjaan ulang untuk melompat dengan kedua kaki dan mulai membangun semua deliverable proyek. Membangun sedikit demi sedikit, mendapatkan review incremental dan persetujuan, dan mempertahankan evolusi dikendalikan.
·         Keberhasilan proyek berkorelasi dengan analisis menyeluruh, untuk kebutuhan proyek
Manager harus bersikeras bahwa ada kebutuhan bisnis yang didokumentasikan untuk proyek tersebut sebelum mereka setuju untuk menggunakan sumber daya organisasi dalam menyelesaikannya.
·         Tanggung jawab Manager Proyek harus diimbangi dengan otoritas setara
Tidak cukup hanya bertanggung jawab atas hasil proyek, manager proyek harus meminta dan memperoleh kewenangan yang cukup untuk melaksanakan tanggung jawab mereka. Secara khusus, manager harus memiliki wewenang untuk mendapatkan dan mengkoordinasikan sumber daya, meminta dan menerima kerjasama UKM, dan membuat keputusan tepat yang mengikat yang berdampak pada keberhasilan proyek.
·         Para manager proyek harus berjuang untuk melakukan hal yang benar
·         Manager proyek harus bias memperoleh orang-orang terbaik
Dengan akuisisi orang-orang terbaik yang terampil, yang berpengalaman, yang terbaik, yang memenuhi syarat, manager proyek dapat meminimalisir waktu pengerjaan proyek, uang, dan kendala proyek lainnya. manajer proyek harus melindungi mereka dari gangguan luar dan membantu mereka mendapatkan alat-alat dan kondisi kerja yang diperlukan untuk menerapkan bakat mereka.
·         Harus aktif menyusun prioritas
Secara rinci menyusun prioritas apa saja yang lebih penting dan diperlukan dalam menyelesaikan sebuah proyek.
Referensi :

0 komentar:

Posting Komentar