Mari berbagi informasi! ^^
silahkan kunjungi juga blog saya yang lain yantiyaa19.blogspot.com terimakasih ^^

Senin, 29 April 2013

SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS

WEB GIS DAN MOBILE GIS


Ditugas kali ini saya akan membahas mengenai 2 contoh Web GIS dan Mobile Gis. Sebelumnya mari kita bahas mengenai apa itu Web GIS dan apa itu Mobile GIS.

Web GIS atau Web-based GIS (WebGIS) adalah Sistem Informasi Geografis (SIG) yang terdistribusi dalam suatu jaringan komputer untuk mengintegrasikan dan menyebarluaskan informasi geografi secara visual pada World Wide Web. Disini saya akan mengambil contoh Web GIS Kementrian Perhubungan dan LPMP jawa barat.

Seperti halnya Web GIS, Mobile GIS juga dapat digunakan untuk menangkap, menyimpan, update, manipulasi, analisa dan menampilkan informasi geografi secara mudah, tetapi ada dalam mobile atau handphone, misalnya saja android. Untuk mobile Gis saya akan mengambil contoh GeoTrans, Mobile GIS Android sebagai Pedoman Penggunaan Bus Trans Jogja dan Aplikasi Mobile GIS Berbasis Android Lokasi Perguruan Tinggi Provinsi Daerah Istimewa Yogyakara.

A. Contoh Web GIS :

1. http://gis.dephub.go.id/mapping/Default.aspx (Sistem Informasi Geografis (SIG) Prasarana Transportasi Kementrian perhubungan)

Pada Web GIS kementrian perhubungan memiliki banyak sekali fitur-fitur yang berhubungan dengan peta prasarana transportasi, contohnya : transportasi darat, laut, udara, dan transportasi kreta api di Indonesia.

Web ini juga menyajikan data prasarana perhubungan berbentuk tabular seperti data terminal, bandara, pelabuhan dll. Serta data-data statistik secara on-line terkait prasarana transportasi dan beberapa data pendukung terkait. Data-data tersebut berbentuk data tabular, grafik dan spasial.

Untuk melakukan testing, saya mencobanya dengan melakukan pencarian letak bandara Adi sucipto, pilih bandara pada pencarian, lalu masukan nama bandara yang ingin dicari (Adi sucipto) klik tanda merah yang muncul di atas peta, dan hasilnya kita dapat melihat lokasi dimana bandara yang kita cari, seperti gambar dibawah ini :



Atau untuk lebih lengkapnya kita masuk ke menu pemetaan untuk melakukan pencarian, seperti di bawah ini :



2. http://webgis.lpmpjabar.go.id/ (WebGIS LPMP Jawa Barat)

WebGIS ini merupakan salah satu bentuk layanan untuk menginformasikan peta mutu pendidikan khususnya di Jawa Barat. Dari segi tampilan saya lebih menyukai Web GIS ini dari pada Web GIS sebelumnya, karna terlihat lebih atraktif dengan gambar-gambar peta yang bergerak. Hanya saja sangat disayangkan Web GIS ini belum ter-update sejak tahun 2011.




Disini saya akan mencoba mencari sekolah dasar yang terletak di kota Bogor, pilih pilihan di “loncat ke peta” dan klik kota bogor, lalu zoom, dan pilih folder sebaran sekolah perjenjang, klik SD/MI, jika ingin melihat lebih dekat, silahkan lebih dizoom.



B. Contoh Mobile GIS

1. http://danangsusetyo.blogspot.com/2012/11/geotrans-mobile-gis-android-sebagai.html (GeoTrans, Mobile GIS Android sebagai Pedoman Penggunaan Bus Trans Jogja) buatan Danang Susetyo.

· Menu Nearest
Menu ini sebenarnya bukan menu yang pertama kali muncul saat kita membuka GeoTrans. Namun ketika kita berada di suatu tempat di Yogyakarta dan kita tidak tahu lokasi shelter yang dapat kita jangkau, maka menu ini menjadi solusi untuk menemukan shelter yang paling dekat dengan lokasi kita. Hasil yang ditampilkan adalah listview shelter-shelter yang terdekat dari lokasi user. Urutan shelter didapatkan dari kalkulasi jarak berdasarkan koordinat pengguna dan koordinat shelter.



· Direction
Direction merupakan fungsi lanjutan dari menu Nearest, dimana Google Map dapat menunjukkan arah dari lokasi pengguna menuju shelter yang ingin dituju. Cara menggunakan fungsi ini adalah dengan meng-klik salah satu shelter yang ingin dituju pada tab Nearest, lalu dilanjutkan dengan meng-klik button “Take me here”. Pengguna dapat memilih alternatif cara transportasi yang ingin diketahui jalurnya, mulai dari walking (bagi pejalan kaki), bicycling (bagi pengguna sepeda), transit (bagi transit atau kendaraan umum), atau driving (bagi pengguna kendaraan pribadi).



· Menu Destination
Menu ini merupakan menu yang membantu user untuk menentukan shelter yang harus dituju. Menu ini berisi shelter-shelter yang berada di dekat tempat-tempat penting di Yogyakarta dan dilengkapi direction dari shelter ke lokasi yang dimaksud. Prinsipnya hampir sama dengan menu Nearest.

· Menu Input
Menu ini merupakan menu inti dari aplikasi, dimana menu ini mempunyai fungsi untuk mengetahui cara menggunakan bus Trans Jogja. Menu ini menyediakan fungsi untuk mengetahui shelter-shelter yang dilewati dari jalur yang menghubungkan shelter awal dan shelter tujuan. Melalui menu tersebut pengguna dapat mengetahui koridor bus berapa yang harus dia gunakan dan di mana saja dia harus transit untuk mencapai tempat tujuannya. Menu ini juga dilengkapi dengan autocomplete, sehingga ketika kita mengetik beberapa kata saja maka aplikasi akan mengeluarkan opsi-opsi yang berhubungan dengan kata yang diketikkan.

· Menu Shelter
Menu ini lebih berfungsi untuk mengetahui keseluruhan jalur dari rute bus Trans Jogja. Tampilan pertama dari menu ini adalah listview enam koridor yang tersedia, yaitu 1A, 1B, 2A, 2B, 3A, dan 3B. Jika salah satu koridor dalam listview itu kita klik maka aplikasi akan meloncat ke listview shelter-shelter yang dilewati oleh koridor tersebut.

2. http://widhiecyber.wordpress.com/2012/03/25/share-aplikasi-mobile-gis-berbasis-android-lokasi-perguruan-tinggi-provinsi-daerah-istimewa-yogyakara/

link diatas merupakan Aplikasi Mobile GIS Berbasis Android Lokasi Perguruan Tinggi Provinsi Daerah Istimewa Yogyakara buatan anak negeri Indonesia. Didalamnya terdapat beberapa fitur yaitu pengecekan posisi user, koordinat user, kalkulasi jarak terdekat (menggunakan metode haversine), info marker, rute perguruan tinggi (memanfaatkan API Google Map), cek akreditasi jurusan, serta cek info beasiswa.



referensi :
- http://danangsusetyo.blogspot.com/2012/11/geotrans-mobile-gis-android-sebagai.html
- http://gis.dephub.go.id/mapping/Default.aspx
- http://webgis.lpmpjabar.go.id
- http://widhiecyber.wordpress.com/2012/03/25/share-aplikasi-mobile-gis-berbasis-android-lokasi-perguruan-tinggi-provinsi-daerah-istimewa-yogyakara/
- http://www.geotekno.com/mobile-gis-menggunakan-gvsig-mobile/345
- http://www.informatika.lipi.go.id/publikasi/202-pengembangan-aplikasi-webgis-dengan-software-open-source

3 komentar:

FriduSuhendra mengatakan...

gan saya suka ni sama materi ni
saya mau blajar gan bisa bantuin gak

irma septiani mengatakan...

assalamualaikum…….
saya mhs jurusan sistem informasi sekarang lagi nyusun tugas tentang SIG pemantauan pnyeberan zakat. nah saya bingung metode apa yang akan digunakan. terima kasih
ini website saya, jangan lupa berkunjung yaa : http://irma24.mahasiswa.atmaluhur.ac.id
dan juga website kampus saya : http://www..atmaluhur.ac.id

Sabrie Prasetio mengatakan...

Hallo, setelah saya membaca artikel diatas, wawasan saya semakin luas tentang pemanfaatan Sistem Informasi Geografis, Khususnya tentang WebGis dan Mobile Gis, Terimakasih Kak. Nyatanya SIG dapat digunakan dalam berbagai bidang kebutuhan. Ada hal yang ingin saya tanyakan kepada penulis, dari sekian banyak manfaat dan penerapan SIG dalam berbagai bidang yang sudah disebutkan, adakah kekurangan dari pemanfaatan SIG yang sudah berkembang sejauh ini? Terimakasih.
Jangan lupa kunjungi website kampus saya www.gunadarma.ac.id
Untuk tulisan menarik lainnya, silahkan kunjungi wesbite blog saya http://sabrieprasetio.blogspot.com/

Posting Komentar