Mari berbagi informasi! ^^
silahkan kunjungi juga blog saya yang lain yantiyaa19.blogspot.com terimakasih ^^

Sabtu, 15 Oktober 2011

Aplikasi grafik komputer dan pengolahan citra untuk kehidupan sehari-hari

Aplikasi grafik komputer sering kita jumpai dalam kehidupan sehari hari. Pada kepentingan tertentu, citra (gambar) digunakan untuk mengungkapkan pertimbangan, ilustrasi, penggambaran, ingatan, pendidikan, komunikasi, navigasi, hiburan, dan sebagainya. Yang kemudian dihubungkan dengan pengubahan dan perbaikan citra (gambar) yang bertujuan antara lain:
-          Memperbaiki kesalahan data sinyal gambar akibat transmisi sinyal.
-       Meningkatkan penampakan gambar sehingga dapat diterima oleh sistem penglihatan manusia.
Umumnya pengolahan citra melibatkan alat bantu komputer, yang selanjutnya dihubungkan dengan konsep komputasi dan elektronik dunia mesin sejalan dengan atribut penglihatan manusia. Aspek komputer adalah sebuah sistem yang berhubungan dengan elemen-elemen perangkat keras seperti sensor optik dan arsitektur pengolahan pararel pada komputer, grafika komputer dan display serta elemen-elemen perangkat lunak seperti manipulasi data dan perhitungan data gambar. Sedangkan aspek penglihatan (vision) adalah bayangan dari sistem penglihatan manusia dan melingkupi aspek fungsional mata, saraf optik, dan otak.
Grafika komputer digunakan diberbagai bidang seni, sains, bisnis, pendidikan, dan hiburan, sebagai contoh :
-          Kesehatan / kedokteran
-          Sistem multimedia
-          Perpetaan / cartography
-          Sistem paint
-          Presentasi data statistik, dll
Aplikasi grafika komputer adalah program komputer yang dirancang khusus untuk menghasilkan grafis atau representasi visual dari data kedalam bentuk gambar, slide, dan sebagainya. contoh aplikasi yang menggunakan komputer grafis adalah :
-          video game
Video game adalah permainan yang melibatkan interaksi dengan user interface (antarmuka pengguna) untuk menghasilkan umpan balik berupa visualisasi pada perangkat video. Aplikasi ini banyak beredar dipasaran, mulai dari yang sederhana 2 dimensi, seperti tetris, hingga yang rumit (3 dimensi) yang memerlukan resource banyak, seperti game sepak bola Winning Eleven. Dari yang standalone hingga online network, seperti Ragnarok. Dari PC, console, hingga mobile devices. Video game umumnya menyediakan sistem penghargaan, skor yang dihitung berdasarkan tingkat keberhasilan yang dicapai dalam menyelesaikan tugas-tugas yang ada dalam permainan.
-          Computer vision
Computer vision adalah ilmu pengetahuan dan teknologi dari mesin-mesin yang dapat melihat. Sebagai disiplin ilmu, computer vision berkaitan dengan teori untuk membangun sistem buatan yang dapat menarik informasi dari citra-citra. Informasi tersebut kemudian dapat digunakan sebagai input dalam mengambil keputusan atau tindakan. Data citra yang diambil dapat berupa video, citra dari berbagai kamera, dan sebagainya.

0 komentar:

Posting Komentar